Profil

Company Profile



PERUSAHAAN DAERAH PARKIR

KOTADENPASAR

 

 

1.   Sejarah Singkat Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar.

 

Pengelolaan Perparkiran di Kota Denpasar dalam perjalanannya, melalui tahapan-tahapan pengelolaan yang panjang. Sejak dikelola di bawah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Perhubungan Kota Denpasar dengan SIPARTA nya dan akhirnya dibawah pengelolaan Perusahaah Daerah Parkir Kota Denpasar. 

 

Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar  didirikan tanggal 16 Agustus 2004, berdasarkan Peraturan Daerah Kota Denpasar Nomor.5 Tahun 2003  (Lembaran Daerah Kota Nomor.5 Tahun 2003), Efektif beroperasi terhitung sejak tanggal 1 Oktober 2004 berdasarkan Keputusan Walikota, tentang Pengelolaan Perparkiran di Kota Denpasar tertanggal 4 Oktober 2004.

 

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Denpasar Nomor.5 Tahun 2003 tersebut diatas, Perusahaan Daerah Parkiir Kota Denpasar bersifat otonom, dimana Modal Perusahaan Daerah adalah kekayaan Daerah yang dipisahkan yang besarnya ditetapkan dengan Keputusan Walikota, dan Modal tersebut dapat ditambah atau dan dikurangi dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

 

Ketika parkir dikelola oleh Dinas Perhubungan Kota Denpasar melalui Unit Pelaksana Teknis, seluruh pendapatan retribusi parkir bruto dimasukkan dalam PAD (Pendapatan Asli Daerah), besarnya pendapatan tersebut semestinya juga digunakan untuk seluruh pengeluaran akibat dari aktifitas perparkiran seperti gaji pagawai dan jukir, biaya sarana dan prasarana parkir, serta biaya operasional lainnya. Sehingga seyogyanya dihitung pendapatan retribusi parkir bruto dikurangi dengan pengeluaran untuk seluruh aktifitas tersebut, yang selama ini belum dihitung.

 

Sedangkan dalam pengelolaan Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar seluruh pendapatan jasa parkir bruto dikurangi langsung dengan seluruh pengeluaran atau seluruh biaya operasional perusahaan, sehingga diperoleh laba bersih perusahaan setelah pajak penghasilan yang disetorkan ke kas daerah, sehingga pendapatan yang disetor ke PAD (Pendapatan Asli Daerah) adalah pendapatan netto sebesar 35 % yang merupakan pos bagian laba Badan Usaha Milik Daerah (sesuai BAB IX Pasal 35 Perda No. 5 tahun 2003).

 

Namun dalam perkembangannya selanjutnya, berdasarkan perjanjian kerjasama antara Walikota Denpasar dengan Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar Nomor : 551.1/449/PD. Parkir  tentang Pengelolaan Tempat Parkir Tepi Jalan Umum di wilayah Kota Denpasar, pendapatan bruto retribusi parkir tepi jalan umum disetorkan  100% ke Kas Daerah sebagai penerimaan daerah yang selanjutnya dikembalikan 85% nya untuk membiayai operasional Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar. Perjanjian kerjasama ini berakhir 31 Desember 2011. Dan terhitung dari tahun 2012 sampai saat ini berdasarkan perjanjian kerjasama pengelolaan parkir di tepi jalan umum antara Dinas Perhubungan dengan PD Parkir Kota Denpasar, dimana dalam perjanjian tersebut  PD Parkir mendapat bagian sebesar 70 % dari pendapatan bruto retribusi parkir di tepi jalan umum yang disetorkan ke kas daerah.

Sedangkan pendapatan parkir yang bersumber dari parkir diluar badan jalan  seperti Parkir  gedung &Pelataran serta Parkir Isidentil masih seperti sebelumnya.

 

Pengelolaan Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar selalu berpedoman pada peraturan perundang-undangan tentang Perusahaan Daerah serta Direksi mendapatkan pengawasan dari Badan Pengawas yang merupakan perpanjangan tangan dari Walikota.

 

Dan setiap akhir tahun buku Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar wajib diaudit oleh Akuntan Publik atau Akuntan Independen (Bagian Ketiga pasal 16 Perda No. 5 tahun 2003).

 

Dalam Tahap Pesiapan pengalihan pengelolaan perparkiran  dari pengelolaan melalui Unit Palaksana Teknis (UPT) Dinas Perhubungan Kota Denpasar dilaksanakan secara simultan dengan tahapan - tahapan yang jelas, terencana dan berkelanjutan, dengan diterbitkan Surat Perintah Tugas Walikota Denpasar No. 893/1593/Org, tertanggal 1 Juli 2004 menugaskan sementara tenaga – tenaga teknis dari Dinas Perhubungan Kota Denpasar untuk membantu pelaksanaan operasional sebagaimana dimaksud pada Keputusan Walikota No. 16/2004.

Pada tahapan ini struktur oganisasi belum terisi secara penuh sebagaimana perusahaan yang beroperasi secara normal.

 

Selanjutnya melalui Keputusan Wali Kota Nomor. 261 Tahun 2004, tertanggal 13 Agustus 2004 tentang Pengangkatan Direksi Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar Periode 2004 – 2008, diangkat  :

1.            Nyoman Gde Sudiantara, SH.     Selaku Direktur Utama.

2.            Agus Suwitra, S Sos                                 Selaku Direktur.

Terhitung sejak tanggal 16 Agustus 2004, berdasarkan Surat Perintah Tugas Nomor. 539/1906/EK, efektif mulai bertugas mengemban tugas sebagai mana amanat sebagaimana termaktub dalam Peraturan Daerah.

 

Dengan terbitnya SuratPerintah Tugas Nomor. 539/1906/EK, tertanggal 13 Agustus 2004 yang efektif berlaku sejak 16 Agustus 2004

tersebut diatas perangkat hukum penyelenggaraan perparkiran melalui Perusahaan Daerah  Parkir Kota Denpasar telah dipenuhi.

 

Berdasarkan Keputusan Walikota Nomor. 296 Tahun 2004, tentang Pelaksanaan Perparkiran di Kota Denpasar, tertanggal  4 Oktober 2004, pasal 1 dengan tegas menyebutkan bahwa, Pelaksanaan Pengelolaan Perparkiran di Kota Denpasar secara effektif dilaksanakan oleh Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar per 1 Oktober 2004.

 

2.    Maksud dan Tujuan Pendirian Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar.

Adapun maksud dan tujuan pendirian Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar adalah :

·         Turut serta melaksanakan pembangunan daerah.

·         Turut serta mewujudkan dan meningkatkan pelayanan umum kepada masyarakat dibidang sarana perparkiran.

·         Membantu dan melancarkan arus lalu lintas.

·         Sebagai sumber pendapatan asli daerah.

 

3.    Tugas Pokok Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar.

·         Membina, Mengelola, Mengembangkan dan menyelenggarakan kegiatan di bidang perparkiran yang diarahkan kepada pelayanan masyarakat guna terciptanya ketertiban, keamanan dan kenyamanan.

 

4.    Fungsi Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar.

·         Merencanakan, Membangun, memelihara sarana dan prasarana parkir.

·         Melakukan pengelolaan Parkir beserta sarana perlengkapannya

·         Melakukkan pembinaan dalam rangka terwujudnya ketertiban, keamanan, dan kenyamanan Parkir.

·         Membantu kelancaran arus lalu – lintas. di jalan raya.

 

 

5.   Visi dan Misi Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar

Ø   VISI

Menjadi Perusahaan Daerah yang Mandiri, Profesional Dalam Pengelolaan, Terdepan Dalam Pelayanan, Terbaik Dalam  Kinerja dan Berperan Serta Membangun Daerah Melalui PAD Kota Denpasar.

Ø   MISI

1.     Mengedepankan dan meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat pengguna jasa parkir sebagai wujud komitmen untuk menjalankan Peraturan Daerah.

2.    Terwujudnya penyediaan sarana dan prasarana parkir yang layak dan nyaman

3.    Memberi Rasa Aman dan Nyaman Bagi Masyarakat Pengguna Jasa Parkir

4.    Mewujudkan tertib administrasi dan transparansi pelaporan dan pertanggungjawaban yang tepat waktu dan akuntabel.

5.    Terwujudnya pelayanan parkir berbasis system elektronik dalam penyelenggaraan parkir gedung dan pelataran.

6.    Meminimalkan tingkat kehilangan kendaraan menjadi kurang dari 12 kendaraan dalam setahun.

7.    Memberi kontribusi maksimal bagi peningkatan PAD Kota Denpasar

 

Dalam perjalannya PD. Parkir Kota Denpasar telah menjalani beberapa kali pergantian Direksi, dimana masa jabatan Direksi Perusahaan Daerah Parkir adalah 4 (empat ) tahun. Terhitung dari Agustus 2008 telah diangkat Direksi PD. Parkir Kota Denpasar untuk periode Tahun 2008 – Tahun 2012 berdasarkan Keputusan Walikota Denpasar Nomor 112 Tahun 2008 dengan nama Direksi sebagai berikut :

 

1.        Direktur Utama     :  Nyoman Gde Sudiantara, SH

 

2.        Direktur                 :  I Nyoman Putrawan

 

 

 

Untuk periode berikutnya yaitu periode tahun 2012 – 2016 dengan Keputusan Walikota Denpasar Nomor 188.45/873 a/HK/2012 tentang Pengangkatan  Direksi PD Parkir Kota Denpasar periode tahun 2012 – 2016 ditetapkan susunan direksi sebagai berikut :

 

                              1.   Direktur Utama     :  Nyoman Gde Sudiantara, SH

 

                              2.   Direktur                 :  I Nyoman Putrawan, ST

 

 

Sedangkan untuk periode tahun  2017-2021 berdasarkan SK Walikota Denpasar No:188.45/651/HK/2017. Ditetapkan I Nyoman Putrawan, ST. sebagai Direktur Utama PD.Parkir Kota Denpasar periode 2017 – 2021 terhitung mulai tanggal 29 Mei 2017.

 

Dalam menjalankan tugasnya Direksi dibantu oleh Kepala Bagian dan Kepala Seksi dengan seluruh tenaga kerja sampai dengan Tahun 2017  dapat diuraikan sebagai berikut :

 

Jumlah Tenaga Kerja Pada Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar

Tahun  2017

 

 

 

 

No.

Jenis Tenaga Kerja

Jumlah

(orang)

1.

Direktur Utama

1

2.

Kepala Bagian

2

3.

Kepala Seksi

8

4.

Tenaga Kerja Staff di Sekretariat

152

5.

Petugas Parkir Gedung dan Pelataran

173

6.

Juru Parkir Badan Jalan

346

Jumlah Tenaga Kerja

682

 

 

 

 

6.   Langkah-Langkah Strategis Perusahaan.

 

Sebagai Perusahaan Daerah dengan investasi yang terbatas, dengan kondisi keuangan daerah yang terbatas, PD.Parkir tetap berupaya  bergerak cepat menjawab tantangan serta keinginan masyarakat pemakai jasa perparkiran yang terus berkembang dan dinamis.

 

Dibawah pimpinan Direksi dan jajarannya, perusahaan telah mengambil langkah – langkah strategis yaitu :

a.    Merubah paradigma pengelolaan parkir  dari “semata – mata pelayanan” perparkiran dengan isu adanya kebenaran yang cukup besar sebagaimana saat dikelola melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas Perhubungan Kota Denpasar, menjadi pengelolaan perparkiran yang berorientasi pada azas manfaat “keuntungan melalui pelayanan”.

b.    Untuk menunjang perubahan paradigma tersebut diatas, Direksi dan jajarannya menawarkan Konsep perparkiran : Berhadiah dan Berganti Rugi.

Konsep Berhadiah : Untuk meminimalisasi kebocoran dan dapat merangsang masyrakat meminta karcis parkir, dimana pengundian karcis parkir dilakukan setiap tanggal 16 Agustus setiap tahunnya bertepatan dengan hari ulang tahun PD Parkir Kota Denpasar.

Konsep Berganti Rugi :merupakan tugas pokok PD. Parkir memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya keamanan dan kenyamanan dibidang perparkiran.

c.       Direksi serta jajaran dibawahnya, dengan mengacu kepada Peraturan Walikota Denpasar No.38 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar, melaksanakan tugas sebagaimana diuraikan pada Bab IV, Surat Keputusan tersebut secara terencana, bertahap dan berkesinambungan. 

 

 

7.   BIDANG USAHA

 

·               Perusahaan bergerak di bidang jasa perparkiran di kota Denpasar, pada 4 ( empat ) Wilayah Kecamatan yaitu : Denpasar Barat, Denpasar Timur, Denpasar Selatan dan Denpasar Utara.

Jasa Perparkiran yang menjadi gerak usaha perusahaan adalah :

a)        Parkir di tepi Jalan umum

b)        Parkir Gedung dan Pelataran

§  Kegiatan Parkir Yang Tetap.

Ø  Parkir di Swalayan/Mall.

Ø  Pusat Perkantoran Swasta atau Pemerintahan.

Ø  Pasar.

Ø  Sekolah.

Ø  Tempat Rekreasi/Obyek Wisata.

Ø  Hotel dan Tempat Penginapan.

Ø  Rumah Sakit.

Ø  Rumah Makan atau Restaurant.

Ø  Tempat–tempat lainnya yang memiliki potensi parkir

 

§  Kegiatan Parkir Yang Bersifat Sementara/Isidentil

Ø  Tempat Pertunjukkan/Pameran.

Ø  Tempat Pertandingan Olah Raga.

Ø  Tempat Ibadah.

 

 

 

 

 

 

Berdasarkan Peraturan Daerah No. 5 tahun 2003, BAB IX Pasal 35, penggunaan laba bersih setelah dipotong pajak ditetapkan sebagai berikut:

 

·         Untuk dana pembangunan daerah 35 %

·         Untuk anggaran Perusahaan daerah 25 %

·         Cadangan umum 10 %

·         Jasa produksi 10 %

·         Dana sosial dan pendidikan 10 %

·         Sumbangan, dana pensiun, dan pesangon 10 %

 

 

Penutup.

 

Perusahaan Daerah tentu memiliki banyak kekurangan yang perlu segera dibenahi. Namun dengan segala kekurangan tersebut, Direksi Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar bersama jajarannya akan selalu berjuang untuk maju mencapai maksud dan tujuan dari didirikannya Perusahaan Darah Parkir Kota Denpasar sebagaimana termaktub pada Peraturan Daerah Parkir Kota Denpasar Nomor. 5 Tahun 2003, Bab II, Bagian Kedua, Pasal 5, melalui pelayanan perparkiran yang optimal, professional, transparan, memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jasa perparkiran serta turut berpartisipasi mewujudkan Denpasar Kota Berwawasan Budaya.

Dengan moto PD Parkir :

 

“MINTA KARCISNYA RAIH HADIAHNYA”

 

Demikian yang dapat kami sampaikan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya

 

 

 

PD. Parkir Kota Denpasar

Direktur Utama,

 

 

 

 

 

I NYOMAN PUTRAWAN, ST.


Video
No Video.
Facebook
Twitter